Ibananatu al-Ahkam Hadits ke-1 Bab Sujud Sahwi, Sujud Tilawah, dan Sujud Syukur
المعنى الإجمالي:
الصلاة تشتمل على أركان وغيرها، فالركن لابد من الإتيان به ولايقوم م مقامه سجود السهو، ولما كان التشهد الأول ليس ركنا من أركان الصلاة كان سجود السهو بدلا عنه. ولذا لم يرجع الرسول الكريم لتداركه، إذ لو كان ركنا لرجع إليه ولم يكتف بالسجدتين بدلا عنه.
Makna Global
التحليل اللفظي:
السهو: الغفلة عن الشيء
ونسياه
التلاوة: قراءة القرأن
الشكر: الإعتراف بنعم
الله تعالى
الركعتين الاوليين:
تثنية ركعة، واولى
فلم يجلس: ترك تشهد
الاول
فقام الناس معه: قاموا
مع الرسول للركعة الثالث ولم يجلسوا للتشهد تبعا للرسول
حتى اذا قضى الصلاة:
فرغ من أركانها ما عدا تسليم التحليل، بدليل ما بعده: وانتظر الناس تسليمه
سجد سجدتين: للسهو بعد
التشهد وقبل السلام
مكان ما نسي من الجلوس:
عوضا عن الجلوس الذي نسيه صلى الله عليه وسلم وهذا مدرج من كلام الصحابي وعرف ذلك
من قرينة الحال
Analisa Lafadz:
Al-Sahwu (lupa) adalah lupa dari sesuatu
Al-Tilawatu (membaca) adalah membaca al-Qur’an
Al-Syukru (syukur) adalah mengakui
anugerah-anugerah Allah Saw
Al-Rak’ataini al-Uulayaini adalah dua rakaat yang
pertama
Falam Yajlis (nabi tidak duduk) adalah nabi
meninggalkan tasyahhud awal
Faqaama al-Naasu Ma’ahu (makmum berdiri bersama
nabi) adalah makmum berdiri bersama nabi menuju rakaat yang ketiga dan mereka
tidak duduk untuk tahiyat karena ikut Rasulullah
Hatta Idza Gadhaa al-Shalata (sampai ketika nabi
menyelesaikan shalat) adalah nabi selesai melaksanakan rukun-rukunnya shalat
selain salam terakhir, berlandaskan dalil (redaksi) setelahnya, “makmum
menunggu ucapan salamnya nabi.”
Sajada Sajdataini (sujud dua kali) adalah melakukan
dua kali sujud untuk sujud sahwi setelah tahiyat dan sebelum salam
Makaana Maa Nasiya Min al-Juluusi (sebagai ganti
dari perbuatan yang dilupakan yaitu perbuatan duduk untuk tahiyat awal) adalah
sebagai ganti dari duduk yang dilupakan Rasulullah dan itu bisa dimaklumi dari qorinah (indikasi)
keadaan.
Video Kajian: